Candi Sambisari Jogja

Jika membahas Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jogja anda tentu membahas candi, mungkin untuk beberapa atau sebagian orang candi di Yogyakarta ialah arah yang membosankan.menjengkelkan karena mungkin biasanya sudah bertandang ke candi yang ada di Yogyakarta awalannya, tapi untuk sebagian orang yang lain object wisata candi di Yogyakarta malah dicari atau dicari karena setiap candi pasti memiliki kekhasan dan daya tarik tersendiri terutamanya untuk candi-candi bukan sekedar Candi Prambanan atau Candi Borobudur.

Pantai Pulau Kalong

 

Candi yang memiliki kekhasan dan daya tarik lain itu adalah Candi Sambisari. Candi yang memiliki letak lebih rendah 5-6 mtr. di bawah permukaan tanah di sekitarnya. Dengan demikian jika anda bertandang ke Candi Sambisari ini anda harus lewat beberapa puluh anak tangga yang tersusun rapi mengarah bangunan kompleks candi. Candi Sambisari ini ialah candi terbesar di Yogyakarta yang terdapat ada di bawah permukaan tanah di sekitarnya.

 

Puncak Dipowono Yogyakarta

Bagaimana Candi Sambisari dapat ada di bawah permukaan tanah di sekitarnya? Jawabannya yaitu sebelumnya diketahui candi ini adalah waktu satu orang petani bernama Karyowinangun yang sedang mencangkul di sawah dan cangkulnya mengenai batu keras yang memiliki ukiran atau pahatan dipermukaannya. Batu itu seterusnya di cermat oleh Dinas Kepurbakalaan dan ditemukanlah bila batuan itu ialah batuan dari komponen satu candi. Setelah diketahui bukti bila batu itu ialah komponen batuan candi, ruangan penemuan candi itu seterusnya ditangani evakuasi dan penggalian seterusnya. Butuh waktu yang cukup lama untuk proses evakuasi, penggalian sampai pemugaran yaitu kurang dari 20 tahun. Candi itu diberi nama sesuai nama desa candi itu diketahui yaitu Candi Sambisari.

Puncak Kuda Sembrani

 

Artikel Terkait:  Museum Angkut

Jika dilihat dari letak geografisnya, candi-candi yang berada di Yogyakarta biasanya ada selain utara Provinsi Yogyakarta atau di Kabupaten Sleman. Terhitung Candi Sambisari, hal tersebut menyaratkan jika pusat peradaban kerajaan mataram ada di daerah utara Provinsi Yogyakarta, bangunan candi yang ada pula berbagai bentuk dan ukuran menyaratkan bangunan candi saat itu ialah simbol kebanggaan atau prestise demikian dengan Candi Sambisari ini.

Ruth Blog © 2018 Frontier Theme