Proses Terjadinya Petir dan Pembentukan Ozon

Saat hujan dengan lebatnya tiba kita seringkali lihat kilatan sinar yang begitu menakutkan lalu terdengar gemuruh yang begitu dahsyat. Kilatan serta nada gemuruh tersebut yang diberi nama dengan petir. Pada tulisan kesempatan ini saya juga akan mengulas bagaimana sistem terjadinya petir serta adakah faedah dari terjadinya petir itu? Mari kita simak keterangan tersebut yang saya sadur dari situs BMKG.
Sistem Terjadinya Petir

Petir yang seringkali kita saksikan waktu hujan berlangsung karna ada ketidaksamaan mungkin (ketidaksamaan jumlah elektron) pada awan serta bumi. Di awan berlangsung gerakan awan yang terus-terusan dengan teratur serta sepanjang gerakan itu juga akan terjadinya hubungan pada awan satu dengan yang lain yang menyebabkan muatan negatif juga akan berkumpul pada satu diantara bagian (bagian atas atau bawah) serta muatan positif pada bagian demikian sebaliknya. jenis petir Bila ketidaksamaan mungkin pada awan serta bumi cukup besar, jadi juga akan berlangsung pembuangan muatan negatif atau elektron supaya terwujud kesetimbangan. Pada sistem ini, media yang dilewati elektron yaitu udara, di mana ketika elektron ini bisa menembus ambang batas isolasi udara jadi juga akan berlangsung ledakan nada yang menggelegar yang seringkali kita dengan sesudah ada kilatan.

Lalu muncul pertanyaan mengapa petir seringkali kita simak pada musim hujan sedang pada cuaca yang cerah tidak sempat lihat petir? Jawabannya karna pada musim hujan, udara memiliki kandungan kandungan air yang lebih tinggi hingga daya isolasinya turun serta arus lebih gampang mengalir. Umumnya petir mempunyai fase saat terjadinya, diantaranya :
– Fase saat Perkembangan, sekitaran 10-20 menit
– Fase saat Puncak, sekitaran 15-30 menit
– Fase saat Menghilang, sekitaran 30 menit

Dalam keadaan cuaca yang normal, ketidaksamaan mungkin pada permukaan bumi dengan ionosphere yaitu sekitaran 200. 000 – 500. 000 Volt, dengan arus sekitaran 2×10-12 Ampere/m2. Anti Petir Ketidaksamaan mungkin ini dipercaya memberi peran dalam distribusi badai petir di semua dunia.

Nyatanya pada susunan atmosphere kita bertebaran gumpalan-gumpalan awan yang salah satunya ada awan yang bermuatan listrik. Penangkal Petir Awan listrik ini bisa terjadi disuatu daerah yang mempunyai keadaan seperti berikut :
– Keadaan udara yang lembab (konsentrasi air yang benyak)
– Pergerakan angina ke atas
– Ada inti higroskopis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ruth Blog © 2018 Frontier Theme